definisi psikologi pendidikan
Definisi psikologi menurut para tokoh
Ensiklopedia Nasional
Indonesia jilid 13 (1990) menyatakan bahwa psikologi adalah ilmu yang
mempelajari prilaku manusia dan binatang baik yang dapat dilihat secara
langsung maupun yang tidak dapat dilihat secara langsung
Dakir (1993) menyatakan bahwa psikologi membahas tingkah
laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya
Muhibin Syah (2001) menyatakan bahwa psikologi adalah ilmu
yang pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada
manusia baik selaku individu dan kelompok dalam hubungannya dengan lingkungan,
tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotorik (
berbicara, duduk, berjalan) tingkah laku tertutup meiliputi berfikir,
berkeyakinan, berperasaan
Dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan
yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam
hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut berupa tingkah laku
yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun tidak
disadari
Definisi pendidikan menurut para tokoh
dalam kamus besar bahasa Indonesia (1991) pendidikan diartikan sebagai proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan
dalam kamus besar bahasa Indonesia (1991) pendidikan diartikan sebagai proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan
Poerbakawatja dan harahap dalam muhibbin syah (2001)
menyatakan bahwa pendidikan merupakan usaha secara sengaja dari orang dewasa
untuk meningkatkan kedewasaan yang selalu diartikan sebagai kemampuan untuk
bertanggung jawab terhadap segala perbuatannya
Dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah suatu usaha yang
dilakukan secara sadar dan sengaja untuk mengubah tingkah laku manusia baik
secara individu mapun kelompok untuk mendewasakan manusia melalui upaya
pengajaran dan pelatihan
Definisi psikologi pendidikan menurut para tokoh
Whiterington (1978) mendefinisikan psikologi pendidikan
sebagai studi sistematis tentang proses-proses dan factor-faktor kejiwaan yang
berhubungan dengan pendidikan manusia
Sumadi suryabrata (1984) mendefinisikan psikologi pendidikan
sebagai pengetahuan psikologi mengenai anak didik dalam situasi pendidikan
Elliot dkk (1999) mendefinisikan psikologi pendidikan
merupakan penerapan teori-teori psikologi untuk mempelajari perkembangan,
belajar, motivasi, pengajaran dan permasalahan yang muncul dalam dunia
pendidikan
Dapat disimpulkan : bahwa psikologi pendidikan adalah ilmu
yang mempelajari penerapan teori-teori psikologi dalam pendidikan, dalam
psikologi pendidikan dibahas berbagai tingkah laku yang muncul dalam proses
pembelajaran. Didalamnya terkait berbagai tingkah laku yang perlu dimunculkan
ketika guru mengajar dan bagaimana siswa belajar
Ruang lingkup psikologi pendidikan adalah tingkah laku siswa
yang berkaitan dengan proses belajar dan tingkah laku guru yang berkaitan yang
berkaitan dengan proses pembelajaran, sehingga objek utama dalam psikologi
pendidikan adalah masalah belajar dan pembelajaran
0 comments: