definisi psikologi pendidikan

02:52:00 0 Comments





Definisi psikologi menurut para tokoh
 Ensiklopedia Nasional Indonesia jilid 13 (1990) menyatakan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari prilaku manusia dan binatang baik yang dapat dilihat secara langsung maupun yang tidak dapat dilihat secara langsung
Dakir (1993) menyatakan bahwa psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya
Muhibin Syah (2001) menyatakan bahwa psikologi adalah ilmu yang pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu dan kelompok dalam hubungannya dengan lingkungan, tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotorik ( berbicara, duduk, berjalan) tingkah laku tertutup meiliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan
Dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut berupa tingkah laku yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun tidak disadari


Definisi pendidikan menurut para tokoh
dalam kamus besar bahasa Indonesia (1991) pendidikan diartikan sebagai proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang  atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan
Poerbakawatja dan harahap dalam muhibbin syah (2001) menyatakan bahwa pendidikan merupakan usaha secara sengaja dari orang dewasa untuk meningkatkan kedewasaan yang selalu diartikan sebagai kemampuan untuk bertanggung jawab terhadap segala perbuatannya
Dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan sengaja untuk mengubah tingkah laku manusia baik secara individu mapun kelompok untuk mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan

Definisi psikologi pendidikan menurut para tokoh
Whiterington (1978) mendefinisikan psikologi pendidikan sebagai studi sistematis tentang proses-proses dan factor-faktor kejiwaan yang berhubungan dengan pendidikan manusia
Sumadi suryabrata (1984) mendefinisikan psikologi pendidikan sebagai pengetahuan psikologi mengenai anak didik dalam situasi pendidikan
Elliot dkk (1999) mendefinisikan psikologi pendidikan merupakan penerapan teori-teori psikologi untuk mempelajari perkembangan, belajar, motivasi, pengajaran dan permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan
Dapat disimpulkan : bahwa psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari penerapan teori-teori psikologi dalam pendidikan, dalam psikologi pendidikan dibahas berbagai tingkah laku yang muncul dalam proses pembelajaran. Didalamnya terkait berbagai tingkah laku yang perlu dimunculkan ketika guru mengajar dan bagaimana siswa belajar


Ruang lingkup psikologi pendidikan adalah tingkah laku siswa yang berkaitan dengan proses belajar dan tingkah laku guru yang berkaitan yang berkaitan dengan proses pembelajaran, sehingga objek utama dalam psikologi pendidikan adalah masalah belajar dan pembelajaran

yulhan

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments:

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net